BananaBanini memilki 4 produk utama dan 2 produk sampingan yang dapat dijual oleh mitra. Berikut adalah perhitungan perkiraan penjualan tiap outlet :
1. Target Omzet Rata2/Bulan/Gerai:
- Banana Choco Volcano : 10 paket @5 pc = 10 x 15.000 = 150.000 x 30 hr = 4.500.000
- Banana Crispy Crash : 10 paket = 10 x 10.000 = 100.000 x 30 hr = 3.000.000
- Banana Mini Crispy Crash : 5 paket = 5 x 5.500 = 27.500
- Banana Caramel Flood : 5 paket = 5 x 8.000 = 40.000 x 30 hr = 1.200.000
- Banini Moon : 5 paket = 5 x 9.000 = 45.000 x 30 hr = 1.350.000
- Lumpia Surabaya : 7 paket @5 pc = 7 x 12.000 = 84.000 x 30 hr = 2.520.000
- Tahu Bakso : 5 paket @5 pc = 5 x 12.000 = 60.000 x 30 hr = 1.800.000
Target Omzet dalam 1 bulan. = Rp. 14.370.000,-
Penjualan 1 tahun = 12 x 14.370.000 = 172.440.000
2. Harga Pokok Pembelian/Gerai/Bulan:
- Banana Choco Volcano : 10 x 30 hr x 9.600 = 2.880.000
- Banana Crispy Crash : 10 x 30 x 5.250 = 1.575.000
- Banana Mini Crispy Crash : 5 x 30 x 3.100 = 465.000
- Banana Caramel Flood : 5 x 30 x 4.500 = 675.000
- Banini Moon 5 x 30 x 4.606 = 690.900
- Lumpia Surabaya 7 x 30 x 7.177 = 1.507.170
- Tahu Bakso 5 x 30 x 8.600 = 1.290.000
Total HPP / bulan = Rp. 9.083.070
Total HPP / tahun = Rp. 108.996.840
3. Margin gerai / bulan = 14.370.000 - 9.083.070 = 5.286.930
4. Biaya-biaya per gerai (1 bulan):
- Sewa lokasi/bln = 500.000 – 1.000.000
- Gaji & bonus karyawan/orang = 800.000 - 1.000.000
- Marketing = 150.000
- Penyusutan/bulan = 30.000
- Royalti = 3.5% Omzet kotor
- Lain2 cadangan = 250.000
Target Keuntungan / bulan* = 5.286.930 - 1.915.042 = Rp 3.371.888,- / Rp 2.671.888
*Perhitungan di atas adalah ilustrasi analisa keuangan yang ditargetkan oleh manajemen BananaBanini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar